Sabtu, 04 Agustus 2012

Nilai-nilai pada film "Sang Pencerah"

Subhanallah... sungguh film sejarah yang syarat akan nilai perjuangan Islam, menceritakan bagaimana seorang "Pencerah", yakni seseorang yang bisa merubah umat, memimpin umat dan mengayomi umat dari zaman kebodohan menjadi zaman kejayaan Islam.

Inilah daftar nilai-nilai yang dapat kuambil :
  1. Pembaruan itu hanya boleh untuk kemaslahatan umat.
  2. Harta yang paling berharga bagi lelaki adalah isteri yang shaliha.
  3. Agama itu apa? sesuatu yang indah, dapat menyelesaikan persoalan hidup, membuat tentram, damai, cerah, senantiasa mengayomi, menyelimuti umatnya, jika dipelajari secara dangkal maka akan kacau.
  4. Seorang pemimpin yang baik tidak akan meninggalkan keluarganya apalagi umatnya.
  5. Umat Islam semakin jauh dari Islam, karena ajarannya didalami secara dangkal, mereka memeluk Islam hanya mengikuti jejak leluhurnya.
  6. Islam bukanlah agama orang-orang miskin, Islam selalu dapat berjalan dengan peradaban modern.
  7. Mungkin aku terlalu sederhana dalam memandang hidup...
  8. Aku tak tau mana yang benar... jika kita semua sudah tahu, kita tidak akan pernah belajar !
  9. "Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, Dia akan menolong kamu dan meneguhkan keimananmu."
  10. Pada saat kita akan menghadap Allah, harus dalam keadaan suci karena Allah itu Maha Suci.
  11. Sujud itu berarti menempatkan kepala kita pada tempat yang serendah-rendahnya di hadapan Sang Maha Tinggi.
  12. Sampeyyan menyederhanakan Islam, kyai ! ... sesungguhnya Islam itu sederhana, tidak ada pengkultusan (pengkhususan didalamnya, sesajen, tahlil), namun juga jangan menyederhanakan (meremehkan kewajiban) ajaran Islam.
  13. "Kamu pelankan atau keraskan suaramu sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati." (larangan tahlil, dzikir keras2 hingga mengganggu orang lain)
  14. Rasul bersabda: "Sesungguhnya Islam hadir dalam keadaan terasing dan akan kembali dalam keadaan terasing pula, maka beruntunglah orang-orang yang terasing itu karena sesungguhnya merekalah yang merapikan segala sesuatu yang salah."
  15. Saya akan selalu di barisan paling depan dalam membela agama Allah.
  16. Ketika kita dimusuhi, maka tidak boleh membalas memusuhi, jika kita dibenci, maka tidak boleh membalas membenci, jika kita dicaci, maka tidak boleh membalas mencaci maki, tetapi jika mereka menyakitimu atau saudaramu maka balaslah mereka karena Allah.
  17. "Dan adakanlah diantara kamu sekelompok orang yang menyerukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran." (Al-Imran: 104)
  18. Kita boleh punya prinsip, asal jangan fanatik, karena fanatik adalah ciri orang yang bodoh, tunjukan bahwa Islam dapat bekerjasama dg siapapun, diseluruh aspek kehidupan, kecuali aqidah, untukmu agamamu, dan untukulah agamaku. (QS. Al-Kafiruun)
  19. Setiap insan mempunyai kewajiban berjihad menjadi yang terbaik disisi Allah.
  20. Terkadang manusia lebih membela kewibawaanya, daripada bertanya untuk apa sebenarnya kewibawaan yang dia punya itu bagi dirinya.
  21. Pimpinlah dirimu sendiri sebelum memimpin orang lain.
  22. Setiap manusia mempunyai hak untuk menjadi benar.
  23. Marilah kita sama2 belajar untuk menjadi yang terbaik dimata Allah, Ya Allah tunjukanlah aku jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan mereka yang zhalim.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Selain Larangan Tahlil Setuju Saja.