Selasa, 14 Agustus 2012

Allah Tidak Butuh Ibadah Kita

Walau kita diperintahkan untuk ibadah, yang tercantum dalam Al-Quran:
"Dan tidaklah Aku ciptakan jin & manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku." (Adz- Dzariyat: 56)
Tetapi apakah Allah membutuhkan akan ibadah kita? jawabannya adalah TIDAK.
"Hai manusia, kamulah yang membutuhkan kepada Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji." (QS. Fathir [35]: 15)
Semua manfaat ibadah, semuanya kembali kepada kita.
"Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia." (QS. An-Naml [27]: 40)
Begitu pun jika seluruh manusia kufur kepada Allah, tidak beribadah kepadaNya, menelantarkan perintah-perintahNya dan melanggar larangan-laranganNya, maka kekufuran itu akan kembali pada mereka.
"Katakan: "Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu kebenaran (Al-Quran) dari Tuhanmu, sebab itu barang siapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya (petunjuk itu) untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang sesat, maka sesungguhnya kesesatan itu mencelakakan dirinya sendiri. Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap dirimu." (QS. Yunus [10]: 108)
"Dan Musa berkata: "Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (QS. Ibrahim [14]: 8)
Allah juga berfirman dalam Hadits Qudsinya :
"Wahai hamba-hambaku, andai orang-orang terdahulu kalian dan yang paling akhir, manusia dan jin, seluruhnya berhati orang yang paling taqwa diantara kalian, hal itu tidak akan menambah kerajaan-Ku sedikit pun."
"Wahai hamba-hambaKu, andai orang2 terdahulu kalian dan paling akhir, manusia dan jin, seluruhnya berhati orang yang paling jahat diantara kalian, hal itu pun tidak akan pernah mengurangi sedikit pun dari kerajaan-Ku." (HR. Muslim. No. 2577)
Jadi kesimpulan yang kita ambil adalah:
"Ibadah kita karena Allah dan ibadah kita untuk kebaikan kita."



Tidak ada komentar: