Kamis, 17 Mei 2012

Manfaat Air Putih

AIR DALAM TUBUH

Mengapa harus minum air putih sebanyak-banyaknya? Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air lebih dari 80%.
Dua organ paling penting dengan kadar air lebih dari 80% adalah darah dan otak. Otak memiliki komponen air sebanyak 90% sementara darah 95%. Jatah minum manusia normal dalam sehari adalah 2 liter atau 8 gelas. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita melalu air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.
Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari? Dengan jalan menyerap air dari komponen tubuh sendiri. Yang terdekat yaitu darah. Darah yang diserap airnya akan menjadi kental. Maka perjalanan darah akan kurang lancar.
Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja ekstra keras untuk menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal itu halus, tak jarang darah yang kental menyobek glomerolus dalam ginjal. Akibatnya air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal.
Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanan akan terhambat. Otak tidak lagi “encer”. Dan karena sel otak adalah sel yang paling banyak menkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel otak mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


MANFAAT AIR

Setiap hari kita membutuhkan sekitar 8 gelas air. Selain menjaga kestabilan suhu tubuh, air juga melancarkan sistem pencernaan dan pembuangan. Berikut ini manfaatnya:
• Menguatkan jantung. Persisnya, membantu jantung dalam memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.
• Membuat kulit bercahaya. Kurang cairan menyebabkan sel-sel kulit mengerut. Banyak mengonsumsi air akan membuat kulit terjaga elastisitasnya.
• Mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Air berperan dalam penyaringan racun tubuh yang dibuang melalui urine.
• Mengganti cairan yang keluar bersama urine, keringat, uap pernapasan, dan feses.




SECARA BERTAHAP

Minum air putih 8 gelas sehari dianjurkan bagi Anda yang memiliki aktivitas rutin. Tapi kini, banyak orang yang melakukan “terapi air putih”, namun dengan cara salah. “Banyak orang salah mengerti, mereka melakukan terapi air putih tapi dengan mengonsumsi 2 liter sekaligus saat bangun tidur. Ini berbahaya untuk kesehatan jantung dan ginjal,” kata Spesialis Gizi, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK

Seharusnya, khasiat air putih akan lebih terasa bisa dikonsumsi secara bertahap, bukan secara berlebihan atau sekaligus. Mengonsumsi air yang sesuai dengan kebutuhan. Konsumsi air sebelum kita merasa haus. Setelah bangun tidur, sebelum dan setelah sarapan, saat ingin beraktivitas serta sebelum dan setelah berolahraga. Bahkan sebelum tidur pun dianjurkan untuk mengonsumsi segelas air putih.

“Cukup minum air 1-2 gelas secara bertahap, jangan lakukan minum sebanyak 1,5 liter- 2 liter sekaligus,”

Mengonsumsi ar putih secara bertahap akan lebih bermanfaat, dan menjadikan hal itu kebiasaan akan menjadi investasi kesehatan Anda di masa depan. Mulai melakukan kebiasaan minum air putih sesering mungkin secara bertahap akan menjadi kebiasaan yang sehat untuk kita dan keluarga. Aamiin

Tidak ada komentar: