Selasa, 12 Juni 2012

Ketika hati ini terbagi...

Siapakah yang wajib di cintai oleh muslim ?


Yang wajib di cintai hanyalah Allah, dan Allah membagikan cinta-Nya kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya. Allah menyuruh kita untuk mencintai Rasulullah, suami atau isterimu, dan saudaramu seiman dan sekeyakinan.


Mencintai Allah harus diatas segala-galanya, dengan arti semua kecintaan manusia harus bermuara pada kecintaan pada Allah SWT. Allah berfirman:
“Katakanlah, jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, isteri-isteri (pasangan)mu, kaum keluargamu, harta (kekayaan) yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya dan tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai daripada Alloh dan rasulnya dan dari jihad di jalannya, maka tunggulah sampai Alloh Mendatangkan keputusannya. Dan Alloh tidak Memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.” (At-Taubah: 24)
Allah Yang Maha Mencintai mengharuskan kita mencintai Rasul-Nya, yaitu Muhammad SAW.
"Katakanlah: 'Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah mencintai kamu'" [Ali Imran:31] 
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda:
“Sebaik-baik kalian, adalah yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah orang yang paling baik diantara kalian terhadap istriku” (HR. Tirmidzi: 3895, dishohihkan Albani)
Dan yang terakhir kita harus mencintai sesama muslim, sebagai mana Nabi SAW. Bersabda,
“Tidaklah termasuk beriman seseorang diantara kamu sehingga mencintai saudaranya sebagaimana is mencintai dirinya sendiri.”  ( H.R Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Nasa’i )

Ketika hatimu terbagi... ketika kamu mencintai seseorang, pastikan itu adalah semata-mata karena Allah, niat berta'aruf terhadap seseorang yang sama2 mencintai Allah, menjalin ikatan pernikahan yang di ridhai oleh Allah, menjalin cinta yang hakiki, cinta yang abadi.

Jika cintamu pada seseorang hanya berlandaskan nafsu sesama jenis, hanya berdasar penampilan luar, harta atau jabatan... itu hanyalah Cinta Semu, cinta yang akan pudar termakan waktu, cinta yang mendekatkanmu pada kemaksiatan, cinta yang dapat menjerumuskanmu pada jurang kehinaan... naudzubillah.

Semoga tulisan ini bermanfaat. wassalamu'alaikum wr wb.

Tidak ada komentar: